MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Pengantar Multimedia
ž Yaitu interaksi
antara teks, suara, gambar statis, animasi dan video (perry, 1994)
ž Ditinjau dari kata
pembentukannya, multimedia berarti melibatkan berbagai media.
ž Aplikasi Multimedia
- Presentasi
bisnis
- Pelatihan
berbasis komputer
- Hiburan
- Pendidikan
- Penyajian
informasi
- Kios interaktif ( toko online )
-
Telekonferensi Read More....
ž Beberapa komponen
multimedia yang digunakan :
-
Kartu Suara
-
Speaker
-
Mikropon
ž Peralatan yang
digunakan untuk membangaun suatu aplikasi multimedia dapat dilihat di gambar
ini
Elemen Multimedia
ž Teks
Merupakan bentuka media yang paling umum digunakan dalam neyajikan
informasi, baik model baris perintah ataupun GUI.
ž Suara
• Suara
merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu
• Suara pada
komputer disimpan dengan berbagai format
- Midi
- WAVE
- MP3
- WMA, dll
ž Gambar Statis
- Berbagai
format gambar yang telah diimplementasi dalam sistem komputer:
– BMP
– CDR
– GIF
– JPG
– PNG
– TIFF
– PCX
- Berbagai
perangkat lunak untuk membuat gambar statis
– Adobe Photoshop
– Coreldraw
– Paint,dll
ž Animasi
• Merupakan
teknik untukm membuat gambar yang bergerak.
• Contoh
aplikasi sederhana untuk membuat animasi Ulead GIF Animator.
• Film-film
di layar televeisi pada saat ini banyak yang menggunakan teknik animasi
ž Video
• Aplikasi sederhana untuk membuat film dengan
format AVI yaitu Adobe Premiere, Windows Movie Maker
• Format
berbagai video:
– AVI
– MOV
– MPEG, dll
Virtual Reality
• Virtual
reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
(computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau
benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan Virtual
reality terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada
sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa
simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara
melalui speaker atau headphone.
• Singkatnya
Virtual reality yaitu teknologi yang
memungkinkan seorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu obkek nyata dengan
menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D)
sehingga pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
• Digunakan
pada perancang obat, Arsitek, Insinyur , pekerja medis, pilot,dll.
• Peranti
Virtual Reality
– Glove
– Headset
– Walker
Cara kerja Virtual Reality :
ž Pemakai melihat
suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
ž Melalui perangkat
headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis.
ž Melalui headset,
glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem
memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada
pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
Aplikasi Virtual Reality
• Manufaktur
Pengujian
rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan,
prosuksi dan pemeliharaan
• Arsitektur
Perancangan gedung
• Militer
Pelatih
(pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
• Kedokteran
Pelatihan pembedahan, terapi fisik
• Penelitian
/ Pendidikan
Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian
matematika kompleks
• Hiburan
Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara,
taman virtual, simulasi ski,dll
Efek Negaif Virtual Reality
ž Orang yang
menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut
cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
ž Penderita akan
merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang
penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality
walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar